Rabu, 18 Mei 2011

MANUSIA HIDUP UNTUK MENGATASI MASALAH

Masalah merupakan salah satu bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Suka ataupun tidak , setiap manusia harus menghadapi masalah tersebut.
Kapan dan dimana saja masalah itu datang menghadang kehidupan kita. Masalah datang tidak memandang usia (tua atau muda), maupun status entah itu kaya atau miskin. Kadangkala masalah itu datang dengan tiba-tiba tanpa kita harapkan. Bahkan kadangkala masalah itu datang bertubi-tubi dalam kehidupan kita.
Setiap manusia pasti tidak menginginkan masalah terjadi dalam kehidupannya. Begitu masalah menerpa, membuat manusia menjadi bingung, stress (tertekan), serta gelisah. Bahkan  tidak sedikit pula yang mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri.
Mungkin saat ini saudara juga sedang menghadapi masalah yang begitu mengganggu kehidupan ini bahkan sampai mengacaukan pikiran. Jangan menyerah pada hal tersebut, namun berusahalah mengatasinya dengan menjadikan masalah sebagai pengalaman untuk membuat saudara semakin dewasa dan menjadi pemenang dalam kehidupan ini.
Masalah adalah variasi dalam hidup ini. Bila berpegang pada Firman Allah, kita akan   menemukan jalan keluar untuk setiap masalah kita.
Masalah artinya MA (manusia) S (sadarlah) A (ada) LAH (Allah). Jadi kita harus menyadari kehadiran Allah. Di luar Allah kita tidak dapat berbuat apa-apa. Pengetahuan / hikmat ini saya dapatkan melalui mimpi disaat menghadapi masalah yang berat. Secara manusia, saya merasa tidak sanggup menghadapinya. Keadaan itu membuat saya merasa tidak berarti lagi sehingga membuat saya begitu stress, bingung dan sangat putus asa.
Saya begitu merindukan Bapa Surgawi, dan berdoa supaya agar diri ini lebih baik mati saja. Suatu malam saya bermimpi bertemu seseorang berpakaian putih bersinar, wajah-Nya begitu bercahaya dan menyilaukan. Saya begitu bahagia karena tahu Dialah Tuhan Yesus Kristus. Dia berkata lembut dan menyuruh saya memandang ke depan. Saat itu saya melihat suatu tulisan yang sangat indah dan ditulis dengan tinta emas yang berbunyi : MANUSIA HIDUP UNTUK MENGATASI MASALAH. Tuhan menjelaskan arti tulisan itu yang menyangkut semua tentang masalah seperti yang saya tuliskan berikut ini.
Untuk mengetahui lebih banyak tentang masalah maka kita perlu tahu beberapa hal yaitu :
1.   Darimanakah asalnya masalah itu ?
2.   Apa tujuan masalah terjadi dalam hidup kita ?

DARI MANAKAH ASALNYA MASALAH ITU ?
Ada beberapa sumber datangnya masalah yaitu ;
1.   Masalah datang dari iblis. Iblis adalah sumber masalah atau penyebab utama kondisi tersebut. Iblislah yang mula-mula membuat manusia jatuh ke dalam dosa agar mahluk yang paling mulia ini terjerumus ke dalam neraka bersama-sama dengan dia.
   Jika masalah datang dari Iblis lawanlah dia dengan iman yang teguh maka dia akan lari dari padamu.
2.   Masalah datang dari manusia:
a. Dari diri sendiri. Contohnya : apabila seseorang mengendarai motor dan melihat lampu merah. Namun orang itu tidak menghentikan kendaraannya, melainkan jalan terus. Akhirnya orang itu mendapat masalah karena ditilang oleh polisi. Kita juga dapat melihat contohnya dari Alkitab yaitu kisah Nabi Yunus. Jika masalah dari diri sendiri sadarilah dan bertobatlah kembali ke jalan Tuhan.
b. Dari orang lain. Contohnya : ada orang yang benci kepada kita dan ingin bermaksud jahat. Ia ingin mencelakakan  dengan menaruh racun dalam makanan atau minuman kita.  Sebagai contohnya dapat dilihat dari kisah Yusuf dalam Alkitab.Jika masalah datang dari orang lain mintalah pembelaan Tuhan, mereka mereka-rekakan kejahatan tapi Tuhan dapat merubah menjadi kebaikan buat kita
3.   Karena Tuhan mengizinkan. Hal itu dapat dilihat dari kisah Ayub dalam Alkitab
    Jika masalah karena Tuhan izinkan berarti Tuhan ingin kita naik level dan melatih karakter kita dan kita semakin kuat didalam Dia, oleh sebab itu manfaatkanlah setiap Masalah itu untuk kita lebih intim dengan Tuhan . 

APAKAH TUJUAN MASALAH TERJADI DALAM HIDUP KITA ?
1.   Supaya manusia menyadari kehadirat Allah ( 1 Petrus 2:19)
2.   Supaya manusia semakin dekat dan berharap kepada Allah (Yakobus 4:8a; Maz 43:5, Maz 62:2)
3.   Supaya manusia mengetahui dan menyadari ada sesuatu yang tidak beres dalam dirinya ( sebagai peringatan). Ibrani 12:5-6
4.   Supaya manusia dibentuk semakin dewasa dan sempurna seperti Kristus. (Yakobus 1:4)
5.   Supaya manusia bertobat dari kesalahannya dan mengatasi hal itu bersama Allah ( Yeremia 24:7)

Masalah bisa menjadi kebaikan buat manusia asalkan dia mau bekerja sama dengan Allah sesuai dengan Roma 8:28a yang berbunyi : Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia.
Arti kehidupan ini sebenarnya adalah bagaimana kita menghadapi masalah-masalah tersebut. Persoalan dalam kehidupan di dunia ini akan selesai apabila manusia itu mati (meninggal). Hanya ada satu masalah yang menunggu setelah kita meninggal yaitu  mempertanggungjawabkan kehidupan kita selama berada di dunia.(penghakiman terakhir) Wahyu 20:12, Roma 14;12   
Jangan menyerah, takut dan putus asa tetapi hadapilah masalah itu bersama Tuhan maka saya percaya, masalah itu dapat Tuhan rubah menjadi berkat dan Mujizat, maju terus dan tetap semangat, 
KITA LEBIH DARI PEMENANG, KALAU ALLAH DIPIHAK KITA SIAPAKAH YANG DAPAT MELAWAN KITA? ROH YANG ADA DALAM DIRI KITA LEBIH BESAR DARI SEMUA MASALAH YANG ADA DALAM DUNIA INI, IMANUEL
  

Oleh: Pdt. Daniel S. Kusbin

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar